Day 4   |
Day 3   |
Day 2   |
Headline: 38 PEGOLF Lolos Kualifikasi

Cikeas (..) Dilaporkan dari Riverside Golf Club, Cikeas, dalam rangka RP Invitational Golf Championship 2010, Senin kemarin, terdapat 38 pemain yang lolos babak kualifikasi untuk berlaga dalam kejuaraan berhadiah uang terbesar dalam musim kompetisi PGPI Tour tahun 2010. Kejuaraan yang dimainkan dalam 4 ronde ini digelar untuk kedua kalinya setelah RPI 2009, mulai besok, Selasa, 16 Maret dan berakhir pada hari Jumat tanggal 19 Maret 2010.

Menyediakan hadiah uang sebesar Rp 500 juta, RP Invitational dapat dikatakan sebagai turnamen mayor alias kejuaraan utama golf profesional yang sekaligus memecahkan rekor pundi-pundi terbesar untuk suatu turnamen lokal yang pernah diadakan di Indonesia bagi para profesional negeri.

Kariza yang dimotori oleh Ria Prawiro, selaku penyandang dana, mengungkapkan hasrat yang besar untuk membangun suatu bangunan kokoh prestasi olahraga pada umumnya, dan golf secara khusus memiliki keunikan berkat para pelakunya, yaitu pegolf profesional, yang senantiasa dengan tekun serta berdedikasi terhadap profesi yang mereka sandang.

Yang menurut beliau, memerlukan support penuh dari setiap insan yang merasa peduli terhadap keberadaan mereka, bukan hanya dalam dukungan moral namun yang pasti sokongan secara finansial dan sarana, khususnya melalui terselenggaranya pertandingan berkala dan berkesinambungan.

Imbuhnya, “Bagaimana kita bisa bicara prestasi, jika tidak ada peningkatan kemampuan melalui turnamen yang  kontinyu?” Itu sebabnya, beliau telah komit untuk mensponsori RP Invitational 2010 sebagai upaya berkesinambungan setelah meraup sukses besar tahun lalu, dengan diselenggarakannya RP Invitational 2009 di Lido, Bogor.

RP Invitational 2010, adalah pula bagian dari Kariza Super Series yang bukan hanya bersifat nasional namun juga internasional, dengan digelarnya Kariza Indonesia Championship pada bulan Mei mendatang yang merupakan bagian dari MB Tour Asean PGA, serta ditutup dengan Kariza Classic pada bulan Juli sebagai bagian dari Asian Development Tour. Pada 2 turnamen tersebut Kariza menyediakan hadiah uang masing-masing sebesar US$50 ribu dan US$ 60 ribu.

Bagi para pegolf profesional, hadiah uang yang menggiurkan adalah suatu motivasi yang kuat untuk dapat berpartisipasi, sebagaimana tercuat dari kesertaan 52 pro yang mengikuti babak kualifikasi. Disamping itu terdapat pula 18 pegolf amatir yang mencoba kebolehan mereka untuk bersaing dengan para pro. Dan dalam babak kualifikasi pada hari Senin, sebanyak 38 pemain yang membuat skor terbaik yang mendapatkan hak bermain dalam babak utama, dengan perincian 30 pro dan 8 amatir. Para pemain tersebut berasal dari Medan dan Surabaya.

Sementara itu, yang telah memastikan kehadiran untuk memperoleh hak bermain adalah sejumlah 86 pemegang kartu PGPI Tour 2010 ditambah 6 pemain amatir terbaik Indonesia, baik yang telah pernah menang dalam seri kejuaraan musim kompetisi 2010 serta pegolf amatir nasional yang diusulkan oleh PGI.

Dengan demikian, terdapat 120 pemain yang akan berlaga di lapangan golf Riverside. Dipilihnya Riverside, yang dirancang oleh pegolf legendaris Greg Norman, adalah berkat kerja sama yang baik yang telah ditunjukkan oleh pemilik dan manajemen Riverside Golf Club yang berkeinginan pula untuk memajukan prestasi pergolfan di Indonesia.

Dikenal sebagai lapangan golf yang penuh dengan tantangan, Riverside tidak memberi ampun bagi setiap pemain yang melakukan kesalahan. Khususnya pada signature hole nomor 14 par-3, dimana terdapat sejumlah pemain yang mencatat skor lebih dari triple par alias lebih dari 9, sebagaimana tercatat dalam babak kualifikasi. Itu sebabnya, pemain terbaik pada babak kualifikasi, Suhendriawan hanya mampu mengumpulkan total 74 atau 2 diatas par.

Pemain bertubuh gempal itu hanya dapat menggelengkan kepala seraya berkata, “Lapangan ini luar biasa sekali tingkat kesulitannya. Saya perlu berfikir berkali-kali untuk dapat menaklukkannya.”

Itulah yang akan menjadi momok yang menakutkan bagi banyak pemain. Namun jika ia mempersiapkan dirinya dengan baik, maka tentunya Riverside akan menjadi sumber inspirasi untuk meraih kesuksesan menjadi pemain golf terbaik di Indonesia.

Copyright © 2010 Kariza Viratama. All Rights Reserved